Burung Malleefowl, Burung Dengan Sarang Paling Besar Di Dunia

 Burung yang mempunyai badan seukuran ayam kampung ini merupakan burung endemik Australia Burung Malleefowl, burung dengan sarang paling besar di dunia
Burung Malleefowl mempunyai nama latin Leipoa ocellata. Burung yang mempunyai badan seukuran ayam kampung ini merupakan burung endemik Australia. Burung ini merupakan satu-satunya yang masih hidup dari genus Leipoa.
Burung Malleefowl merupakan jenis burung yang pemalu, waspada, soliter dan biasanya hanya akan terbang untuk menghindari ancaman atau sekedar untuk bertengger di pohon. Pada dasarnya burung ini yakni burung yang aktif, tetapi mereka jarang terlihat oleh kita alasannya mereka akan pribadi membisu jikalau merasa terganggu, memanfaatkan corak bulunya untuk membaur dengan lingkungan sekitar semoga tidak terlihat oleh predator. Selain itu mereka juga dikenal mempunyai banyak trik untuk kabur dari serangan predator.
Habitat burung Malleefowl antara lain di kawasan semak semi-kering di pinggiran kawasan yang relatif subur di bab selatan Australia. Namun kini mereka hanya sanggup ditemukan di tiga wilayah terpisah yaitu di cekungan Murray-Murrumbidgee, sebelah barat teluk Spencer sepanjang pinggiran gurun Simpson, dan kawasan semak semi-kering di sebelah barat Australia bab Barat Daya.
Burung Malleefowl dikenal alasannya ukuran sarangnya yang begitu besar. Bahkan disebut-sebut sebagai burung dengan sarang paling besar di dunia. Pada demam isu dingin, pejantan akan menentukan suatu area untuk menciptakan sarang. Biasanya area tersebut yakni permukaan tanah yang sedikit terbuka diantara pepohonan kecil. Sarang tersebut akan dibangun dengan diameter sekitar 3 m, dan kedalaman sekitar 1 m.
Pejantan akan menggali dengan kakinya dan akan mulai mengumpulkan ranting, daun, kulit kayu dan materi organik lainnya di selesai demam isu hambar dan awal demam isu semi. Secara mudahnya, bentuk sarang burung Mallefowl yakni menyerupai yang tampak pada gambar berikut ini :
 Burung yang mempunyai badan seukuran ayam kampung ini merupakan burung endemik Australia Burung Malleefowl, burung dengan sarang paling besar di dunia
Populasi burung Mallefowl berada pada status “Rentan (VU)” berdasarkan the Australian Environment Protection and Biodiversity Conservation Act 1999. Begitu juga berdasarkan Red List IUCN.

Referensi : wikipedia

Tinggalkan komentar