Manfaat Kecambah atau Tauge Untuk Burung dan Cara Pembuatannya

Kecambah atau toge mempunyai kandungan gizi protein, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk burung, khusus nya burung pemakan biji-bijian dan sayuran menyerupai burung jenis paruh bengkok, Blackthroat, Mozambik, Falk dan lain-lain.
Selain itu toge juga sanggup menawarkan peningkatan pada daya tahan tubuh, metabolisme dan juga sanggup meningkatkan birahi dari sang burung, sehingga burung pun menjadi sehat dan rajin berkicau.
Namun ini yaitu sebagai Ef atau pakan embel-embel dan hanya di berikan sewaktu-waktu saja, dalam artian tidak untuk sebagai pakan pokoknya, sebab hal itu sanggup menciptakan burung over birahi.
Untuk pakan burung pemakan biji-bijian menyerupai Millet, canary seed, niger seed, jewawut, biji matahari dan lain-lainnya itu semua yaitu pakan yang baik, akan tetapi untuk kandungan gizi kurang lengkap bila tidak di berikan pakan embel-embel menyerupai kecambah / toge.

Dan ternyata pakan biji-bijian itu sanggup kita buat sendiri di rumah untuk di jadikan kecambah dan biji-bijian yang sanggup kita buat kecambah antara lain Millet, kacang-kacangan atau biji gandum juga bisa. Kenapa kita buat sendiri, sebab kecambah yang paling bagus untuk pakan yaitu kecambah yang gres tumbuh (masih pendek) mempunyai vitamin dan asam amino yang tinggi di bandingkan dengan kecambah yang sudah bau tanah menyerupai yang di jual di pasar (toge).

Baiklah, kali ini aku akan menawarkan tips menciptakan kecambah khususnya untuk para sahabat Burung kicau:

  • Persiapkan wadah yang terbuat dari beling menyerupai toples, gelas, mangkuk dan lain-lain, jangan memakai materi logam sebab sanggup terkontaminasi, dan kalo pake beling kita sanggup melihat karenanya dari luar.
  • Memilih biji yang bagus, caranya dengan merendam biji yang di persiapkan, bila ada biji yang  mengambang berarti biji itu tidak bagus dan harus di buang.
  • Setelah itu basuh kembali biji-bijian sampai bersih.
  • Lalu masukkan biji-bijian ke dalam wadah dan masukkan air sampai penuh dan simpan selama 12 jam.
  • Kemudian buang air yang ada dalam wadah tersebut beserta kotoran di air yang mengambang, kemudian isilah kembali wadah dengan air dan untuk kali ini airnya sedikit saja, asalkan semua biji terendam atau permukaan air lebih tinggi sedikit dari biji-bijian, hal ini untuk merangsang tumbuhnya tunas kecambah.
  • Setelah itu diamkan selama 1,2 atau 3 hari relatif, sebab proses pertumbuhan nya tiap biji-bijian mempunyai waktu yang berbeda, pada dasarnya sampai tunas kecambah muncul.
  • Dan ingat kacambah yang masih muda (pendek) mempunyai kandungan vitamin dan asam amino yang sangat tinggi, jadi lebih bagusnya kecambah diangkat sebelum jadi panjang atau melebihi 2 hari.
  • Tiriskan atau saring dulu sebelum di berikan pada burung kesayangan anda, biar tidak terlalu banyak kandungan air yang sanggup menciptakan burung anda kembung.
  • Berikan pada burung secukupnya saja dan sisanya sanggup di simpan di kulkas.

Tinggalkan komentar