Ikan Belida Dilindungi

Dalam keputusannya perlindungan terhadap jenis ikan belida yang masuk dalam diktum kesatu dilakukan pada seluruh tahapan siklus hidup termasuk bagian tubuhnya dan produk turunannya. Dalam Keputusan tersebut terdapat empat spesies ikan belida yang telah ditetapkan belida borneo Chitala borneensis belida Sumatra Chitala hypselonotus belida.


Kkp Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Warga Riau menyebut nama ikan ini belido.

Ikan belida dilindungi. Ikan belida dilarang dikonsumsi karena termasuk kategori hewan yang dilindungi. Kepmen jenis ikan yang dilindungi kata Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan SDKP Palembang Maputra Prasetyo. SuaraSumselid – Menjual termasuk mengkonsumsi Ikan Belida Chitala hypselonotus bisa dikenakan pidana denda maksimal Rp15 miliar.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Menteri KP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi. Hasilnya ikan Mulyani merupakan spesies Notopterus notopterus belida Jawa dan Notopterus chilata belida lopis Kottelat 1993. Ikan belida tersebar di perairan darat Indonesia.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Menteri Kelautan Perikanan Nomor 1KEPMEN-KP2021 ikan belida dan balashark Balantiocheilos melanopterus merupakan jenis ikan yang dilindungi. HiPontianak – Ikan belida dan balasak yang merupakan endemi Kalimantan Barat saat ini masuk kategori ikan yang dilindungi. Mulai Januari lalu pemerintah mulai mengeluarkan kebijakan baru terkait dengan ikan belida.

Namun kini ikan belida tak boleh lagi dikonsumsi. Selain Udang Asal Sulawesi Ini 5 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah Berikut daftarnya. Tak hanya itu perubahan kondisi lingkungan perairan.

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP Antam Novambar. Indonesia tercatat memiliki empat spesies ikan belida yakni Belida Sumatera Chitala hypselonotus Belida Lopis Chitala lopis Belida Borneo Chitala chitala dan Belida Jawa Notopterus notopterus. Ikan Belida yang tertangkap jaring saat warga mencari ikan di Danau Jatiluhur Jawa Barat Sumber.

Ikan belida yang kini semakin langka itu dihargai Rp 109000 per kilogram. Mengalami penurunan drastis di alam ikan ini masuk dalam katego. Belida ikan air tawar dilindungi.

Ikan dengan ukuran 15 cm siap untuk pembesaran. Dengan nilai ekonomi yang tinggi aktivitas penangkapan berlebih over fishing menjadi ancaman populasi ikan tersebut terutama ketika penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Yitno Suprapto Mongabay Indonesia.

Biasanya ikan air tawar ini diolah jadi pindang pempek hingga kerupuk. Belida lebih aktif pada malam hari dan mulai respon terhadap makanan pada sore hari. Ikan belida hopsid Ikan Belida dilarang dijual dan dikonsumsi.

Namun nelayan kini tak boleh. Namun hanya masyarakat Palembang-lah yang menjadikan belida sebagai maskot. Di Provinsi Riau ikan air tawar ini banyak hidup di aliran Sungai Kampar Sungai Rokan Sungai Siak dan Sungai Indragiri.

Ikan belida begitu populer di Palembang. Belida Sumatra Chitala hypselonotus merupakan salah satu satwa dilindungi di Indonesia. Hewan ini menyukai bagian gelap dari sungai biasanya hidup di lubuk di bawah pepohonan.

Keempat jenis belida tersebut dilindungi sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Kepmen KP Nomor 1 tahun 2021. Iya benar berdasarkan Kepmen KKP nomor 1 tahun 2021. Palembang Lampostco — Konsumsi ikan belida Sumatra Chitala hypselonotus bisa dikenakan pidana denda maksimal Rp15 miliar.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 2021 tentang jenis ikan yang dilindungi. Sehingga dalam daftar ini tidak memuat jenis-jenis ikan yang dilindungi dari kelas mammalia seperti ikan duyung paus sperma paus biru dan lumbaDaftar ini juga dilengkapi dengan gambar masing-masing jenis ikan yang dilindungi. Ikan Belida masuk dalam 12 ikan yang dilindungi berdasarkan Permen KKP tahun 2021.

Dalam peraturan itu terdapat empat jenis ikan belida yang masuk ke dalam status dilindungi yaitu ikan Belida borneo Chitala borneensis Belida sumatra Chitala hypselonotus Belida lopis Chitala lopis dan Belida jawa Notopterus notopterus. Persebaran ikan itu bukan hanya di Sumatera tetapi juga di Jawa Kalimantan bahkan di luar negeri. Ikan belida kan memang sudah dilarang dikonsumsi ikan itu dilindungi sesuai dengan Peraturan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP Nomor 1 tahun 2021 ungkap Peneliti Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan BRPPUPP Palembang Ike Trismawanti kepada detikcom Kamis 982021.

Masuknya ikan Belida Sumatera menjadi hewan dilindungi sesuai dengan Peraturan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP Nomor 1 tahun 2021. Ikan belida termasuk satwa khas Sungai Musi yang dagingnya menjadi bahan baku olahan makanan pempek. Persebaran belida berada di perairan Sunda Land meliputi Jawa Sumatera dan Kalimantan.

Namun karena masuk dalam daftar satwa dilindungi beredar informasi. Perlindungan penuh terhadap ikan belida tertuang dalam keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi. Ikan Khas Sumatera Selatan yang Dilindungiikanbelidabelidojenisikandilindungi.

Berdasarkan UU No7 Tahun 1999 semua genus notop terus dilindungi Di Jambi belida dikenal dengan belido atau putak. Perlindungan terhadap hewan yang menjadi ikon Sumatera Selatan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kementerian Kelautan. Hal itu setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP menetapkan hewan ikon Sumatra Selatan itu sebagai hewan dilindungi.

Daftar ikan dilindungi di Indonesia ini memuat spesies-spesies ikan yang dulu klasifikasikan sebagai Pisces. KOMPAS TV JAKARTA KOMPASTV – Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP menetapkan ikan belida sebagai hewan yang dilindungi. Salah satu spesies ikan asli Indonesia yakni ikan belida lopis pada awal tahun 2021 telah dinyatakan punah oleh Badan Konservasi Dunia atau IUCN.

Ikan Belida Hewan Langka yang Dilindungi. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Kementerian Kelautan dan. Pengusaha makanan khas Palembang pun pilih beralih memakai ikan putak.

Ikan belida hidup di perairan air tawar seperti sungai dan rawa.


Bahaya Mancing Dapat Ikan Belida Youtube


Ikan Belida Termasuk Ikan Yang Dilindungi


Kenali 4 Jenis Ikan Belida Yang Dilindungi


Apa Itu Ikan Belida Bahan Baku Pempek Yang Kini Masuk Hewan Dilindungi


Ingat Ikan Belida Borneo Salah Satu Dari 4 Jenis Belida Yang Dilindungi Ini Bentuknya Borneo24 Com


Pedangang Ikan Basah Di Pontianak Tak Tahu Jika Ikan Belida Dilindungi Warta Pontianak


Ikan Belida Dilarang Dijual Dan Dikonsumsi Diancam Denda Rp 1 5 Miliar Suara Sumsel


Dinas Perikanan Sumsel Kecewa Ikan Belida Ditetapkan Kkp Sebagai Ikan Dilindungi Merdeka Com


Pempek Dan Kempelang Belido Terlarang Ikan Belida Masuk Daftar Hewan Dilindungi Sripoku Com


Menteri Kelautan Tetapkan 20 Jenis Ikan Bersirip Dilindungi Ada Ikan Batak Bisnis Tempo Co


Ikan Belida Salah Satu Satwa Yang Dilindungi Mente Dinas Perikanan


Kenali 4 Jenis Ikan Belida Yang Dilindungi


Kenali 4 Jenis Ikan Belida Yang Dilindungi


Oi Wong Palembang Ikan Belida Dilarang Dikonsumsi Ada Ancaman Denda Bui

Tinggalkan komentar