Gimana Sih, Cara Melatih Burung Pleci agar Pandai Bernyanyi

Kicausejati.com – Dulu burung pleci dipandang sebelah mata atau burung murah bagi pecinta burung kicau. Sekarang burung Pleci merupakan idola baru bagi para dan banyak diburu oleh semua penghobi burung. Karena selain harganya yang mulai merangkak mahal, ukurannya yang kecil pun menjadi daya tarik semua orang.
Cara Melatih Burung Pleci agar Pandai Ngerol
Selain karena perawatannya yang sangat mudah, para penghobi menyukai pleci karena suara ngerol-nya yang nyaring. Burung yang dulunya dipandang sebagai burung murah ini menjelma menjadi burung berkelas dengan harga melejit pula.
Sebelum melejit seperti sekarang, seekor burung Pleci dijual cuma seharga Rp. 5.000, tetapi sekarang sudah bisa menembus harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000. Itu pun masih burung Pleci kecil atau bakalan. Sedangkan harga burung Pleci yang sudah rajin ngerol dapat dibanderol seharga Rp. 100.000 – 300.000 an.
Bahkan sekarang banyak kontes burung pun sudah mulai melombakan burung kecil ini. bukan hanya perlombaan burung kelas bawah, namun kontes burung kelas nasional pun juga sudah mulai melombakan Burung Pleci ini. Mungkin inilah yang membuat harga Burung Pleci semakin meroket di pasaran.
Burung Pleci pun termasuk kategori burung yang mudah perawatannya. Hanya diberi makan pisang serta sedikit vor halus secara teratur saja, burung sudah bisa terawatt sehat. Untuk kandangnya usahakan dibersihkan minimal 3 hari sekali agar selalu dalam keadaan bersih dan juga agar burung menjadi sehat dan tidak menimbulkan penyakit bagi manusia.
Jika burung Pleci selalu dalam keadaan sehat, untuk melatihnya kemungkinan juga lebih mudah. Namun yang perlu dicatat, untuk melatih pleci agar bisa ngerol itu bukan merupakan hal yang mudah.
Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar burung pleci cepat ngerol, antara lain :
  • Burung pleci dikeluarkan pada pukul 5 pagi agar terkena embun.
  • Kemudian, semprot burung pleci pada pukul 6 pagi kemudian dijemur, usahakan penjemuran dilakukan ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Usahakan menjemurnya tidak usah terlalu lama, yang terutama sampai bulu Pleci kering. Setelah dijemur, usahakan Pleci diberi sedikit pakan tambahan yaitu kroto. untuk mencegah serangan penyakit dan membuat Pleci lebih bersemangat untuk ngerol.
  • Berikutnya, krakap Pleci dan tempatkan ditempat yang gelap, sambil dimaster menggunakan hp atau audio musik.
  • Alangkah baiknya jika dimaster menggunakan burung Pleci yang sudah ngerol secara langsung.
  • Sekitar jam 2 siang, krakap dibuka dan gantung Pleci ditempat yang berangin, lebih bagus dibawah pohon. Tujuannya yaitu agar Burung Pleci lebih santai dan bisa mengeluarkan suara-suara khasnya atau ngerol.
  • Yang terakhir yaitu, pada pukul 5 sore krakap kembali Pleci sampai pagi.

Jangan sampai memandikan memandikan Burung Pleci pada malam hari, karena burung mempunyai ukuran yang mungil, dikhawatirkan bisa kedinginan dan mati.

Tinggalkan komentar