Buah dan Daun-daunan yang Bisa Melancarkan Proses Mabung pada Burung Kicauan

Kicausejati.com – Banyak buah dan daun-daunan yang dapat membantu mempercepat proses mabung pada burung berkicau. Beberapa di antaranya sudah pernah diulas dalam artikel lainnya dalam blog ini. Namun begitu, untuk melengkapi penjelasan tersebut, kami akan membahasnya kembali dalam artikel ini.
Buah dan Daun-daunan yang Bisa Melancarkan Proses Mabung pada Burung Kicauan
Sejauh ini belum ada penjelasan yang pasti apa penyebab buah atau daun-daunan tersebut bisa mempengaruhi mabung burung. Namun yang pasti, berdasarkan banyak pengalaman, buah atau daun-daunan tersebut sangat ampuh dalam membantu menuntaskan proses mabung pada burung berkicau.

Penggunaan daun-daunan ini sejatinya bagian dari bentuk terapi. Karena, daun-daunan ini secara umum digunakan ketika proses mabung pada burung berhenti atau macet. Mengingat karena efek negatif dari proses mabung yang tidak tuntas, maka digunakanlah buah atau daun-daunan tersebut untuk membantu menuntaskan mabung tersebut. Dan setelah proses itu, penggunaan buah atau daun-daunan ini sangat ampuh karena terbukti bisa menuntaskan proses mabung burung berkicau. Burung yang semula tidak menjatuhkan bulu-bulunya, setelah itu bulu burung bisa rontok kembali hingga tuntas.
Buah atau daun-daunan apa saja yang dapat membantu melancarkan proses mabung pada burung berkicau? Simak yuk!

Daun Pandan

Daun pandan, sejauh ini umumnya hanya digunakan sebagai pewangi nasi, pengobatan tradisional, dan perawatan kecantikan. Namun demikian, daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk burung, terutama burung yang macet mabung. Dan daun pandan ini usahakan harus dalam kondisi segar, bukan daun yang sudah layu.
Cara pemanfaatan daun pandan ialah dengan diletakkan di dasar sangkar. Setelah beberapa hari dan daun sudah mengering, daun pandan boleh diambil lalu diganti dengan yang baru. Hal ini dilakukan terus-menerus sampai proses mabung selesai.

Daun Sirsak

Daun sirsak tidak hanya bisa dijadikan obat tradisional untuk menangani berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan proses mabung pada burung berkicau.
Adapun cara pemanfaatan daun sirsak ini sama dengan daun pandan di atas. Dalam hal ini, daun pandan segar diletakkan di bawah tebok sangkar lalu diamkan selama beberapa hari lalu angkat dan ganti dengan daun sirsak lainnya yang masih segar.

Daun Jeruk

Fungsi dan kegunaan daun jeruk sama seperti dengan kedua daun-daunan di atas. Dalam hal ini, daun jeruk bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi burung yang gagal mabung, caranya diletakkan di dasar sangkar.

Buah Jeruk

Selain daunnya, buah jeruk juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi burung yang gagal mabung. Tetapi sebenarnya, yang digunakan dalam hal ini bukan buah jeruk melainkan kulitnya.

Adapun cara pemanfaatan kulit jeruk ini sama saja dengan kedua daun di atas. Dalam hal ini, kulit jeruk yang masih segar diletakkan di dasar sangkar dan ganti ketika kondisi kulit jeruk sudah mengering.

Itulah keempat buah dan daun-daunan yang dapat anda manfaatkan untuk membantu melancarkan proses mabung pada burung berkicau.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar