Cara Menjinakkan Burung Kenari Supaya Mau Nangkring Di Tangan

Tak sanggup dipungkiri kalau burung kenari merupakan burung yang paling asik untuk dipelihara. Selain keindahan bulunya yang benar-benar menawan dan suaranya yang merdu, burung kenari merupakan burung manja sehingga sanggup dijinakkan dan dibiarkan bebas bermain-main di luar kandang. Nah biasanya burung kenari yang sudah jinak sanggup dengan gampang diajarkan untuk nangkring di tangan.

Nah, bagi sahabat burung yang sudah mempunyai burung kenari, tahukah Anda bagaimana cara menjinakkan burung kenari biar mau nangkring di tangan?

 merupakan burung yang paling asik untuk dipelihara Cara Menjinakkan Burung Kenari Agar Mau Nangkring di Tangan

Pada dasarnya menjinakkan burung kenari memang harus diharapkan kesabaran dan juga pemilihan bakalan yang benar-benar masih muda atau anakan. Ini dikarenakan pada masa itu, burung lebih gampang dilatih dibanding burung yang sudah dewasa. Bagaimana teknik menjinakkan burung kenari selengkapnya, silahkan lihat tahapan berikut ini:

  1. Burung kenari yang akan dijinakkan sekurang-kurangnya berusia dibawah 8 bulan (piyik), hal tersebut dipilih karena burung masih gampang untuk dikendalikan.
  2. Sebagian kicaumania menyarankan, dikala akan melatih burung (menjinakkan) sebaiknya memakai pakaian yang sama, untuk melatih burung biar terbiasa dengan majikan yang akan melatihnya dan pastikan tidak ada orang lain yang ikut bersama Anda dikala menjinakkan burung kenari.
  3. Untuk melatih burung kenari biar jinak, selalu gunakan kata-kata untuk mengajaknya melaksanakan sesuatu, seperti: naik, ayo, makan, dan lainnya.
  4. Pelatihan baiknya dilakukan dalam waktu 30 menit atau tidak lebih dari 2 jam dan lakukan 2 atau 3 kali istirahat (jedah), biar burung lebih rileks.
  5. Waktu paling elok untuk ia berlatih ialah pagi dan siang hari.
  6. Jangan berlaku bernafsu pada burung kenari, dan bila anda jenuh maka burung akan gagal untuk di latih.
  7. Khusus untuk bakalan kenari yang gres diberi, jangan pribadi Anda latih, baiknya biarkan terlebih dahulu 1-2 ahad sampai burung siap untuk dijinakkan.
  8. Penjinakan harus dilakukan di dalam sangkar dulu, di pagi hari keluarkan pakan burung selama 2 jam, kemudian berikan makanannya melalui tangan anda dalam posisi masuk ke dalam sangkar.
  9. Jika burung tidak gusar (terbang menghindar) lanjutkan dengan mendekatkan tangan ke arah burung, sampai alhasil burung menyamperin tangan anda sambil mengambil masakan yang Anda pegang.

Jika nantinya latihan menjinakkan burung kenari dengan memperlihatkan masakan di tangan sudah memperlihatkan gejala keberhasilan, lanjutkan dengan menggerakkan (menggoyang) tangan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar keberanian burung dengan sesuatu yang bergerak. Jika burung tidak merasa takut, kemudian lanjutkan kembali dengan memasukkan jari telunjuk biar burung mau nangkring di jari Anda. Bila tahap ini juga sudah lewat, maka yang terakhir ialah cobalah untuk keluarkan burung kenari tapi jangan di pegang, biar keluar sendiri, dan latih di ruangan tertutup, sampai alhasil burung kenari mau nangkring di tangan Anda dengan sendirinya.

Tinggalkan komentar