9 Burung Aneh di Dunia, Ada yang Mirip Orang Marah

Kicausejati.com – Bukan hanya kehidupan di dunia mimpi saja yang terlihat aneh, namun di dunia nyata pun sering kita temui hal-hal yang aneh. Termasuk daftar burung ini, penampakannya bikin geli yang melihatnya. Mulai dari burung yang seperti orang marah hingga yang memiliki bentuk lucu. Bagi pecinta burung, deretan burung unik ini menjadi incaran koleksi mereka.

9 Burung Aneh di Dunia


Berikut adalah 9 jenis burung aneh dari berbagai belahan dunia dilansir dari beberapa sumber:

1. Shoebill

Burung Aneh di Dunia

Burung unik ini memiliki raut muka seperti orang marah. Shoebill biasanya hidup di rawa-rawa besar dan tersebar di kawasan Afrika Timur seperti Sudan dan Zambia. 
Burung shoebill juga termasuk dalam kategori tall bird karena memiliki tinggi sekitar 110-140 cm.

2. Spoonbill

Burung Aneh di Dunia

Burung unik satu ini memiliki bentuk badan yang mirip dengan angsa, sedangkan paruhnya mirip bebek. Spoonbill tersebar di seluruh benua kecuali di Antartika. 

3. Greater Sage-Grouse

Burung Aneh di Dunia

Spesies burung yang termasuk kawanan burung terbesar di wilayah Amerika utara ini memiliki bentuk yang unik. 
Penampilannya di bagian dada seperti ditempeli 2 butir telur yang saling berdempetan. Greater Sage-Grouse dapat bertahan hidup dengan memakan tanaman dan serangga lho!

4. Philippine Eagle

Burung Aneh di Dunia

Elang Filipina memiliki ciri khas dengan corak bulu yang unik. Populasinay pun hampi punah saat ini. Burung ini termasuk kategori burung yang dilindungi, bahkan jika ada orang yang membunuh burung ini, ancaman penjaranya bisa sampai 12 tahun.

5. California Condor

Burung Aneh di Dunia

Salah satu burung terbesar di Amerika utara ini bobotnya bisa hingga mencapai 12 kg. California Condor juga menjadi burung dengan umur terlama karena mereka bisa hidup hingga 60 tahun. Awet muda ya!

6. Vulturine Guineafowl

Burung Aneh di Dunia

Burung unik yang memiliki tinggi sekitar 61-71 cm ini bertahan hidup dengan memakan biji-bijian dan invertebrata kecil.  
Vulturine Guineafowl termasuk burung yang unik. Pasalnya, mereka memilih berlari daripada terbang ketika merasa terancam. 

7. Andean Cock-of-the-Rock

Burung Aneh di Dunia

Burung ini tersebar di hutan Amerika Selatan. Andean Cock-of-the-Rock ini adalah burung yang dijadikan sebagai lambing nasional negara Peru. Burung ini dapat bertahan hidup dengan memakan buah, serangga, amfibi, reptil dan tikus-tikus kecil. 

8. Christmas Islands Frigate

Burung Aneh di Dunia

Burung laut besar dengan bulu hitam kecoklatan ini mempunyai sayap panjang dan ekor bercabang lebar. Lebar sayapnya bisa mencapai 2,15 meter. Christmas Island frigate laki-laki memiliki tanda bercak putih berbentuk telur di perutnya dan kantung gular merah mencolok yang dipompa untuk menarik pasangan. 
Sedangkan si betina memiliki bentuk sedikit lebih besar dari si jantan, dan memiliki dada besar dan perut putih. Burung ini bertahan hidup dengan memakan ikan yang muncul dari permukaan laut. 

9. Hering Raja

Burung Aneh di Dunia

Burung yang di juluki The King Vuture ini adalah burung pemakan bangkai. Hering Raja memiliki ukuran tubuh yang besar. Biasanya mereka mencari makan hewan yang telah mati ketika mendarat di tanah. Baca juga: Mengenal Lebih Bersahabat Burung Cucak Biru

Itulah 9 jenis burung aneh di dunia yang jarang kita temui. Mana menurut kalian burung yang paling aneh?

Tinggalkan komentar