Populasi Kucing Emas

Masih sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekolggi kucing jenis ini termasuk populasi mereka di dalam kawasan. Di Indoneesia sendiri kucing emas.


15 Hewan Langka Di Indonesia Beserta Gambar Penjelasan Dan Daerah Asalnya Dunia Fauna Hewan Binatang Tumbuhan Hewan Langka Hewan Binatang

Menurut IUCN Uni Internasional untuk Konversi Alam kucing jenis ini memiliki populasi kurang dari 10000 kucing dewasa.

Populasi kucing emas. Kucing emas yang dikenal dengan nama latin Catopuma temminckii merupakan jenis kucing yang pemalu. Kucing Emas adalah jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi kucing jenis ini termasuk populasi mereka di dalam kawasan. Ukuran panjang tubuhnya dari kepala berkisar antara 495-67 cm dengan ukuran panjang ekor sekitar 30-40 cm.

Sekitar lima tahun lalu populasinya masih di atas 50 ekor namun belakangan jumlahnya jauh dibawah itu dan lokasinya sebagian besar dalam kawasan hutan balantara. Namun sayangnya sejak 2008 lalu kucing emas Asia dikategorikan sebagai hewan terancam punah di IUCN Red List. Selain itu dia juga pernah ditemukan di semak belukar dan padang rumput.

Keberadaannya jarang terlihat karena menghindari aktivitas manusia. Bila kucing betina sedang berada di hutan ia akan melahirkan anaknya di lubang pohon. Kucing emas betina memiliki tubuh yang lebih kecil dari jenis jantan.

Ancaman terbesar untuk kucing emas Asia adalah hilangnya habitat dan perburuan liar. Di Indonesia kucing emas Asia pernah terliha di Sumatra. Termasuk melaksanakan program perkembangbiakan untuk mencapai angka populasi yang layak.

Jenis kucing ini merupakan kucing yang misterius dan dikeramatkan oleh sebagian masyarakat. Panjang tubuhnya bisa mencapai 116 hingga 161 sentimeter dan beratnya berkisar antara 12-15 kilogram. Hal ini disebabkan karena hilangnya habitat asli mereka dan pemburuan liar.

Seperti kucing hutan lain pada saat-saat tertentu kucing temmick akan memanjat pohon misalnya ketika ada predator ketika akan istirahat atau sedang memburu burung. Hewan jenis betina ini akan mengandung anaknya selama 90 hari. Bahkan menurut data wikipedia kucing emas adalah jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini.

Ciri fisik kucing emas asia. Sifat kucing emas asia. Menurut data IUCN pada tahun 2008 populasi kucing emas asia ini sudah masuk daftar satwa Hampir Terancam punah.

Mangsa kucing Emas mencakup berbagai jenis reptil tikus ayam hutan kelinci kambing hutan kijang dan rusa muda. Di Indonesia kucing ini berhabitat di Pulau Sumatra. Sampai saat ini teridentifikasi melalui kamera jebak dan jejak tapak setidaknya terdapat 15 individu Kucing Emas di tiga kantong populasi di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Tahun 2002 IUCN mengklasifikasikan spesies hutan ini terancam punah karena penurunan populasi yang diperkirakan lebih dari 20 akibat hilangnya habitat. Kucing emas Asia biasa tinggal di hutan baik hutan tropis atau subtropis. Kadang-kadang kucing Emas berburu di atas pohon untuk menangkap tupai tikus kadal atau primata kecil yang lengah.

Warga sempat dihebohkan dengan temuan kucing emas di rumah warga. Penampilan kucing merah tergolong unik karena kucing merah yang memiliki bentuk kepala pendek dan bulat ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari kerabatnya yaitu kucing emas Asia. Biasanya seekor kucing emas betina bisa melahirkan 1-3 anak dengan masing-masing anak seberat 250 gram.

Kematangan seksual kucing betina adalah di umur 18-24 bulan sedangkan kucing jantan di umur 2 tahun. Karena seringnya dihubungkan dengan berbagai mitos menyebabkan populasi kucing emas semakin menurun. Kucing emas asia memiliki panjang tubuh sekitar 66 sampai 105 dan panjang ekor kucing ini juga mencapai 40 sampai 57 cm.

Populasi kucing emas Felis temmincki di Bengkulu terancam punah akibat habitatnya sudah menjadi areal perkebunan disamping pemburuan akan hewan langka itu terus belanjut. Hewan ternak ini umumnya. Sedangkan bobot tubuhnya berkisar antara 3-4 kg.

Kucing emas tersebar di berbagai wilayah Asia seperti Thailand Vietnam India dan di Tiongkok. Berdasarkan data populasi kucing emas Asia terus menurun. Kucing merah pardofelis badia biasa dikenal dengan sebutan kucing Kalimantan salah satu kucing liar endemik pulau Kalimantan yang lebih jarang ditemui dibandingkan dengan spesies kucing lain.

Bobot tubuhnya berkisar antara 9 sampai 16 kg atau lebiuh besar tiga kali lipat dari ukuran kucing rumahan. Selama 6 bulan pertamanya anak kucing. Kucing emas juga disebut sebagai harimau kijang atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan nama Asiatic Golden Cat Temmincks Cat dan Golden Cat.

Kucing yang tersebar di wilayah Sumatra ini memiliki tubuh yang cukup besar. Hal inilah yang membuat IUCN menggolongkannya sebagai satwa yang hampir terancam. Kucing emas asia aktif ketika malam hari untuk berburu burung tikus yang besar serta reptil.

Pola hidup satwa ini belum diketahui secara jelas tidak seperti jenis kucing hutan lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk kelestarian Kucing Emas di Kalimantan. Kucing Emas dilaporkan juga kerap memangsa ternak seperti ayam bebek kambing domba hingga anak Sapi dan Kerbau.


7 Kucing Liar Asal Indonesia Yang Kian Terancam


7 Kucing Liar Indonesia Yang Terancam Punah Popmama Com


Mengenal Kucing Emas Spesies Langka Yang Masuk Perangkap Babi Halaman All Kompas Com


Kucing Emas Afrika Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


Kucing Emas Asia Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


6 Kucing Hutan Asli Endemik Indonesia Yang Langka Dunia Fauna Hewan Binatang Tumbuhan Kucing Kucing Pallas Hewan


Suaka Margasatwa Rimbang Baling Sebagai Habitat Penting Kucing Liar Di Sumatera Indonesia


Makan Terlalu Banyak Mungkin Kucing Anda Sakit Ragam Bola Com


Genosida Jutaan Kucing Liar Di Australia Apa Alasannya Tirto Id


Foto Sterilisasi Dan Vaksin Kucing Gratis Menyambut Hari Rabies News Liputan6 Com


Javan Hawk Eagle Aves Aguila Buitre


6 Kucing Asli Indonesia Ini Terancam Punah Termasuk Kucing Hutan


Mbsu11upcy D4m


Sempat Diselamatkan Dari Perangkap Kucing Emas Di Agam Mati Republika Online


Kucing Emas Jenis Langka Yang Muncul Di Agam Sumbar Kabar24 Bisnis Com


Disangka Macan Tutul Kucing Hutan Ini Bikin Geger Warga Lembang


Populasi Kucing Emas Masih Banyak Ditemui Di Aceh Republika Online


Mengenal Kucing Caracal Harganya Bisa Mencapai Rp 150 Juta Halaman All Kompas Com


7 Kucing Liar Asal Indonesia Yang Kian Terancam

Tinggalkan komentar