Ikan Belida Sumatera

Mempunyai nama latin Chitala hypselonotus ikan satu ini rupanya merupakan maskot dari kekayaan biota Sumatera Selatan. Saat ini pihaknya tengah mensosialisasikan aturan ini agar dapat dimaklumi masyarakat umum.


Belida Ikan Berpunggung Pisau Asli Indonesia Mongabay Co Id Mongabay Co Id

Sebelum statusnya dilindungi ikan belida juga harganya tinggi mahal dan sulit di cari kalau ada juga harganya di atas Rp 130 ribuan perkilonya tambahnya.

Ikan belida sumatera. Perlindungan terhadap hewan yang menjadi ikon Sumatera Selatan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP Nomor 1 Tahun. Ikan yang merupakan keluarga Notopteridae dan bermarga ChitalaNotopterus ini di tanah air hidup di anak-anak sungai besar yang bersebelahan dengan daerah rawa di Sumatera Kalimantandan Jawa terutama Jawa Barat. Sebagai contoh Sumatera Selatan ikan belida di tetapkan sebagai maskot fauna Sumatera Selatan oleh pemerintah daerah setempat selain itu juga digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan makanan khas daerah seperti empek-empek kerupuk kemplang dan bahan pangan yang lain.

Kalau di Jawa kemungkinan sudah punah Tejo menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat belida masuk daftar satwa dilindungi antara lain populasi di alam liar makin sedikit. Akan tetapi entah mengapa orang-orang Muara Enim Sumatera Selatan Sumsel menamakan ikan itu belida. Selama ini ikan belida terkenal sebagai bahan utama dalam olahan kerupuk sampai pempek.

Tapi ada juga Belida endemik lain yakni Lopis Jawa dan Borneo pun masuk dalam kategori dilindungi. Namun ikan ini juga dapat ditemui di seluruh Sumatera Kalimantan dan Jawa. Ikan belida ditemukan di perairan tawar dan payau di Afrika dan Asia Tenggara.

Ia boleh dijumpai di India Thailand Borneo Semenanjung Malaysia Brunei Darussalam dan Sumatera. Sosialisasi dan pengawasan sedang kami lakukan agar tidak ada lagi jual beli ikan belida atau mengolah ikan belida menjadi makanan ujar dia. Ikan belida di beberapa daerah dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi.

Namun hanya masyarakat Palembang-lah yang menjadikan belida sebagai maskot. Ikan Belida ditetapkan sebagai ikon Festival Olahraga Kreasi Nasional atau Fornas ke VII di Sumatera Selatan. Ikan belida Notoptera chitala Sebagai contoh Sumatera Selatan ikan belida ditetapkan sebagai maskot fauna Sumatera Selatanoleh pemerintah daerah setempat selain itu jugadigunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan makanan khas daerah seperti empek-empek kerupuk kemplang dan bahan pangan yang lain Di Propinsi Jambi ikan ini sebagai ikan unggulan daerah yang habitatnya.

Seperti bahan baku pembuatan kerupuk kemplang pindang dan berbagai makanan khas lainnya. Ikan belida atau belido merupakan bahan baku makanan khas Palembang Sumatera Selatan. Artinya makhluk yang pandai berdiplomasi be punya lida lidah pandai bersilat lidah.

Ukurannya besar sekitar 68 cm saat dewasa tekstur dagingnya lembut sehingga menjadi favorit sebagai bahan baku makanan. Ikan belida merupakan hewan langka yang menjadi incaran masyarakat. Di Indonesia terdapat empat spesies ikan belida yaitu belida borneo Chitala borneensis belida sumatera Chitala hypselonatus belida jawa Notopterus notopterus dan.

Indonesia tercatat memiliki empat spesies ikan belida yakni Belida Sumatera Chitala hypselonotus Belida Lopis Chitala lopis Belida Borneo Chitala chitala dan Belida Jawa Notopterus notopterus. Maskot Sumatera Selatan. Mulai dari masakan pindang pempek hingga kerupuk.

Ikan belida tersebar di perairan darat Indonesia. Keempat jenis belida tersebut dilindungi sesuai Keputusan. Di Sumatera belida bisa ditemukan di Sumatera Selatan Jambi dan Riau.

KOMPAS TV JAKARTA KOMPASTV – Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP menetapkan ikan belida sebagai hewan yang dilindungi. 1 Kepentingan utama ikan belida ialah sebagai ikan akuarium. Ikan ini hidup di sungai besar dan area danau tepatnya berada di wilayah Kalimantan Sumatera hingga Jawa.

Ikan Belida Notopterus chitala adalah ikan asli perairan Indonesia dengan penyebaran meliputi wilayah Sumatera Kalimantan dan sebagian Jawa. Aturan itu melarang penangkapan penjualan dan konsumsi 19 spesies ikan termasuk empat jenis ikan belida yakni belida borneo Chitala borneensis belida sumatera Chitala hypselonotus belida lopis Chitala lopis dan belida jawa Notopterus notopterus. Bukan Belida Sumatera saja yang masuk perlindungan.

Selain ikan belida Sumatera tiga jenis ikan belida lain seperti Lopis Borneo dan Jawa juga. Ikan Belida yang tertangkap jaring saat warga mencari ikan di Danau Jatiluhur Jawa Barat Sumber. Pasalnya ikan tersebut banyak diburu dan dikonsumsi untuk berbagai penganan khas Palembang.

Ikan belida merupakan ikon Sumatera Selatan. Ikan belida Lokal ini dapat ditandai dengan memilki ciri-ciri m empunyai warna pada bagian tubuhnya yang polos yaitu abu-abu kehitam-hitaman. Di Indonesia Chitala lopis tersebar di Sumatera Kalimantan dan Jawa bagian Barat.

Ikan belida kini tengah jadi perbincangan. Mungkin sebagian dari kita asing dengan ikan belida salah satu jenis ikan asli Indonesia. Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan SDKP Palembang Maputra Prasetyo seperti dilansir dari Antara di.

Harga ikan belida memang terbilang mahal. Banyak yang menjadikannya sebagai santapan ada pula yang menangkapnya untuk dipelihara sebagai ikan hias. Pengolahan ikan belida dimulai dari pindang pempek hingga kerupuk.

Jakarta -. Ikan belida ialah sejenis spesies ikan yang boleh hidup di sungai tenang dan tasik. Maskot dari khas dari Palembang ini sudah tidak boleh lagi diburu.

Ikan belida merupakan salah satu jenis ikan ekonomis tinggi. Belida Sumatra Chitala hypselonotus merupakan salah satu satwa dilindungi di IndonesiaTerdakwa bernama Mulyadi 45 seorang penjual ikan belida dituntut pidana kurungan penjara selama 2 tahun 6 bulan dikurangi masa tahanan dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan penjara di Pengadilan Negeri Muara Bungo Jambi pada Selasa 2310. Ikan belida atau Clown knifefish adalah ikan yang berasal dari Indonesia Malaysia dan Thailand.

Yang membedakan antara lain totol-totl tersebut hilang sendiri saat tumbuh dewasa. Di Kalimantan sebaran berada di perairan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Sebagian orang-orang tua Muara Enim yang bermarga Belida percaya mereka keturunan ikan belida yang magis dan berwibawa itu.

Selain ikan belida Sumatera tiga jenis ikan belida lain seperti Lopis Borneo dan Jawa juga berstatus perlindungan penuh karena terancam punah.


Ikan Belida Bahan Baku Pempek Yang Kini Populasinya Mengkhawatirkan


Oi Wong Palembang Ikan Belida Dilarang Dikonsumsi Ada Ancaman Denda Bui


Be Careful Consumption Of Sumatran Belida Fish Can Be Penalized By A Idr 1 5 Billion Fine


Ikan Belida Dilarang Dijual Dan Dikonsumsi Diancam Denda Rp 1 5 Miliar Suara Sumsel


Sudah Langka Jual Dan Makan Ikan Belida Didenda Rp1 5 Miliar Merdeka Com


Ikan Belida Taksonomi Morfologi Reproduksi Jenis Ancaman Punah


Belida Fish From South Sumatera Steemit


Pempek Dan Kempelang Belido Terlarang Ikan Belida Masuk Daftar Hewan Dilindungi Sripoku Com


5 Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya Ikanesia Id


Mengenal Ikan Belida Predator Nikmat Yang Nyaris Punah


Manajemen Sumberdaya Perairan Upaya Konservasi Ikan Belida Notopterus Chitala


Mengenal Ikan Belida Yang Sering Menjadi Bahan Baku Pembuatan Amplang Tribunkaltim Co


Ikan Belida Asal Sumatera Selatan Daftar Fauna Indonesia


Bahan Pempek Ikan Belida Makin Langka Konservasi Ikan Endemik Harus Dilakukan Tekno Tempo Co

Tinggalkan komentar