6 Tips Merawat Kucing Anggora

Kicau Sejati, Kucing Anggora memiliki ciri khas dengan bulunya yang indah dengan berbagai warna. Selain itu, kucing anggora juga memiliki mata berbentuk almond yang bisa berwarna biru, hijau, kuning, atau bahkan kedua matanya bisa berbeda.

Tips Merawat Kucing Anggora

Kucing anggora sendiri berasal dari Turki, pada tahun 1520 untuk pertama kalinya kucing ini dibawa ke Eropa. 

Tips Merawat Kucing Anggora atau Persia

Agar kucing anggora tetap sehat dan bulunya tetap indah harus dilakukan treatment yang benar. Berikut ini adalah tips merawat kucing anggora dengan baik dan benar:

1. Sikat Bulunya dan Mandikan Secara Rutin

Agar bulu kucing anggora tidak rontok adalah dengan menyikatnya setiap hari atau setidaknya satu minggu sekali. Anda bisa menggunakan sisi bergigi rapat  atau sikat licin untuk menghilangkan bulu yang berlebih.

Saat cuaca sedang panas, sebaiknya lebih sering melakukannya. Aktivitas menyikat kucing anggora tergolong mudah karena anggora termasuk kucing single coat atau tidak memiliki bulu lapis bawah, sehingga bulunya tidak mudah kusut.

Kucing imut ini termasuk tipe kucing yang menyukai air, sehingga Anda bisa memandikannya secara rutin tanpa takut dicakar atau digigit. 

2. Rutin Memotong Kuku dan Membersihkan Telinganya

Disarankan untuk merawat kebersihan kukunya secara rutin. Anda bisa memotong kukunya setidaknya dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Pastikan untuk membuat kucing anggora nyaman terlebih dahulu saat memotong kukunya karena ini bukanlah hal yang mudah, jika kamu tidak yakin untuk memotong kukunya, sebaiknya kamu lakukan di dokter hewan atau salon hewan terdekat.

Selain itu membersihkan telinganya secara rutin juga sangat penting. Karena telinga yang kotor biasanya akan menimbulkan penyakit pada kucing anggora.

Anda bisa membersihkan telinganya dengan bola kapas atau kain bersih yang basah dan usap lembut bagian telinga pelan-pelan dari bagian luar.

3. Pilih Nutrisi dengan Tepat

Umumnya kucing anggora memiliki tubuh yang ramping dan ekor yang menyerupai seekor rubah. Apabila kucing anggora terlihat kegendutan, itu akan membuat keanggunannya hilang dan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Maka dari itu, plilhlah nutrisinya dengan tepat.

Pasalnya, kucing anggora banyak dipilih orang karena keindahan bulunya. Jangan sampai memberikan makanan yang kualitasnya tidak tepat, karena bisa megakibatkan bulunya menjadi tidak sehat dan rontok. 

4. Ajak Main dengan Tempat Mainan

Karena kucing imut yang satu ini termasuk tipe kucing yang suka bermain. Ia akan suka berlari ke sana kemari menghabiskan energinya untuk bersenang-senang. Dalam sehari, sebisa mungkin kamu mengalokasikan waktu bermain dengannya selama 15 hingga 30 menit.

Selain itu, kucing anggora juga cenderung tidak suka dibiarkan sendiri. Kalau kamu tidak bisa mengakomodir kebutuhannya untuk bermain, bukan tidak mungkin ia akan membuat kerusakan di rumahmu hanya karena merasa bosan!

5. Cegah Jangan Sampai Keluar Rumah

Kucing anggora termasukkucing yang penyayang dan mampu menjalin persahabatan dengan hewan lainnya seperti anjing. Tapi seperti kebanyakan kucing, ia akan menunjukkan siapa bosnya di rumah.

Kucing anggora juga tidak suka sendirian. Jika ia tidak memiliki teman bermain di dalam rumah, bukan tidak mungkin ia akan berusaha keluar rumah untuk mengusir rasa bosan.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menyediakan kandang yang nyaman untuknya dan alokasikan waktu bermain yang cukup dengannya.

6. Sediakan Kandang Yang Cukup Luas

Anda harus menyediakan kandang yang cukup luas dan nyaman bagi jika tidak ingin kucing anggora peliharaanmu bermain keluar rumah, 

Siapkan kandang yang luas berisikan mainan, alat panjat, tiang untuk mengasah kukunya, tempat tidur dan fasilitas lain sehingga ia tidak merasakan kebosanan. Karena dengan membuatnya nyaman termasuk salah satu cara untuk membuatnya hidup lebih panjang. Cara merawat kucing anggora umur 3 bulan juga sama dengan cara-cara diatas.

Artikel Terkait: Harga Kucing Anggora

Nah sekian artikel tentang tips merawat kucing anggora dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar