Niat Puasa Rajab Di Hari Senin

Niat Puasa Rajab Di Hari Senin. Puasa rajab yang dimaksud di sini bisa puasa sunnah rajab saja atau bisa juga puasa puasa qadha ramadhan atau puasa senin kamis serta puasa ayyamul bidh. Niat puasa rajab di hari senin.

Bacaan Niat Puasa Rajab Dilengkapi Lafal Latin, Arti, Tata Cara, Dan Keutamaannya - Tribunnews.com Mobile
Bacaan Niat Puasa Rajab Dilengkapi Lafal Latin, Arti, Tata Cara, Dan Keutamaannya – Tribunnews.com Mobile from www.tribunnews.com

Puasa rajab yang dimaksud di sini bisa puasa sunnah rajab saja atau bisa juga puasa puasa qadha ramadhan atau puasa senin kamis serta puasa ayyamul bidh. Niat puasa rajab di hari senin. Sebab menurut sahabat nabi, puasa rajab selama satu bulan penuh dimakruhkan karena dianggap menyerupai puasa bulan ramahan.

Nawaitu Shauma Ghadin An Adâi Sunnati Rajaba Lillâhi Taâlâ.

Puasa rajab dimulai dari tanggal 1 rajab yang bertepatan dengan hari kamis, 3 februari 2022. Nawaitu shauma ghadin 'an qadha'i fardi ramadhana lillaahi ta'ala. Sebab menurut sahabat nabi, puasa rajab selama satu bulan penuh dimakruhkan karena dianggap menyerupai puasa bulan ramahan.

Menyatakan Hilal Tertutup Mendung Sehingga Harus Diundur 1 Rajab Pada.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam juga menyampaikan alasan. Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta.

Niat Berpuasa Senin Kamis Ini Dianjurkan Dilakukan Malam Hari Atau Sebelum Terbit Fajar.

Meski sudah ditentukan dalam kelander hijriyah bahwa 1 rajab jatuh pada hari rabu 2 febuari tapi diundur berdasarkan hasil rukyat dari pbnu. 15 februari 2021 merupakan 3 rajab 1442 hijriyah dalam penanggalan islam. Puasa di hari isra miraj hukumnya tidak wajib, melainkan hanya sunnah, jika dilakukan mendapatkan pahala jika ditinggalkan tidak mendapat siksa.

Mengerjakan Amalan Sunnah Di Bulan Syawal Memiliki Berbagai Keutamaan.

Tak hanya puasa rajab, umat muslim juga bisa menunaikan puasa ayyamul bidh. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى. نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى.

“Aku Berniat Puasa Rajab, Sunnah Karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat puasa rajab sebagaimana puasa pada umumnya, waktu niat puasa rajab adalah pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Puasa senin kamis untuk mengganti utang puasa ramadhan, tetap disebut sebagai puasa qadha. Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati rajaba lillahi ta‘ala.

Tinggalkan komentar