Settingan Lovebird Paruh Putih Semoga Ngekek Panjang (Settingan Global)

Kicau Sejai, Settingan lovebird paruh putih – Popularitas lovebird paruh putih untuk dilombakan memang tidak seramai atau sebanyak lovebird paruh merah. Tak heran bila dalam satu gantangan hanya terdapat beberapa ekor saja gacoan lovebird paruh putih, dan kebanyakan didominasi oleh lovebird paruh merah. 

Tentu ada alasan tersendiri dari para lovebird mania kenapa mereka lebih suka menentukan gacoan lovebird paruh merah ketimbang paruh putih.

Popularitas lovebird paruh putih untuk dilombakan memang tidak seramai atau sebanyak love Settingan Lovebird Paruh Putih Agar Ngekek Panjang (Settingan Global)

Salah satu alasan kenapa lovebird mania menentukan gacoan paruh merah yaitu lantaran katanya setelan lovebird paruh putih cukup susah, karakternya juga susah ditebak. Berbeda dengan huruf lovebird paruh merah yang lebih gampang ditebak dan lebih gampang dalam menemukan settingannya. 

Tapi meskipun demikian, ada beberapa lovebird mania yang justru merasa tertantang dengan hal tersebut, alasannya yaitu bila mereka bisa menemukan settingan lovebird paruh putih yang sempurna sehingga bisa ngekek panjang dan mengeluarkan kemampuannya secara maksimal, hal tersebut akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri.
Selain itu lovebird paruh putih juga mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh lovebird paruh merah. Beberapa kelebihan lovebird paruh putih yaitu volume suaranya yang cukup pedas, warnanya lebih menarik, harga jualnya lebih mahal, dan ketika mood sedang sepakat biasanya bisa mengeluarkan kemampuan secara maksimal.

Bagaimana settingan dan perawatan harian lovebird paruh putih biar bisa ngekek panjang dan tampil maksimal?

Meskipun banyak yang bilang perawatan dan settingan lovebird paruh putih agak sudah dan sulit untuk ditebak, tapi bila anda sudah terbiasa merawatnya dan sudah tahu settingan yang tepat, biasanya anda justru akan ketagihan dan lebih menentukan lovebird paruh putih untuk dijadikan gacoan.

Misalnya menyerupai lovebird “Jalal” milik Om Ade Kusumo yang merupakan lovebird paruh putih yang mempunyai kemampuan ngekek panjang dengan volume bunyi yang cadas. Bahkan kabarnya lovebird jalal ini merupakan salah satu pesaing ketat dari sang lovebird legendaris “Kusumo” milik Om Sigit WMP dari Klaten.

Menurut gosip yang saya dapatkan dari group lovebird mania di whatsapp dan facebook dari seorang master lovebird paruh putih, beginilah contoh rawatan dan settingan lovebird paruh putih secara global biar bisa rajin ngekek panjang dan tidak gampang gembos.

1. Full kerodong

Settingan lovebird paruh putih ala Aeko yaitu dengan cara full kerodong, jadi lovebird selalu dalam keadaan dikerodong setiap hari, kecuali pada ketika mandi dan jemur. 

Pada ketika ahad pertama awal settingan biasanya bulu burung akan sedikit rontok, hal tersebut yaitu normal, lantaran lovebird sedang tahap pembiasaan dengan settingan baru.

2. Mandi 2x sehari (pagi dan malam hari)

Mandikan lovebird paruh putih 2x sehari, yaitu pada pagi hari sekitar jam 8 pagi, proses memandikannya harus hingga berair kuyup. Setelah itu kemudian dijemur hingga semua bulu kering, bila sudah benar-benar kering, angin-anginkan sebentar kemudian kerodong hingga sore hari.

Pada sore harinya sekitar jam 4/5an, keluarkan burung dan angin-anginkan sebentar, bersihkan kandang, ganti pakan dan air minum, kemudian kerodong lagi dan masukkan kedalam rumah. Pada malam harinya sekitar jam 8an malam, mandikan burung dengan cara disemprot embun dan jangan hingga terlalu lepek (basah kuyup) biar lovebird tidak terlalu kedinginan. 

Angin-anginkan sebentar hingga bulunya kering, kemudian kerodong kembali dan biarkan lovebird beristirahat dengan nyaman hingga pagi hari.

BACA JUGA: Manfaat terapi mandi malam lovebird

3. Terapi pengembunan

Untuk menambah durasi ngekek, memperpanjang nafas, menciptakan lovebird menjadi lebih sehat dan happy, lakukan terapi pengembunan secara rutin. Caranya keluarkan lovebird dan letakkan ditempat udara bebas pada ketika jam 5 pagi, biarkan lovebird menghirup udara pagi sambil menyongsong keluarnya matahari pagi. 

Sebab udara pagi yang masih sangat higienis dan segar sangat manis untuk kesehatan dan pernafasan burung, termasuk burung lovebird.

4. Kandang umbaran

Untuk melatih pernafasan dan stamina lovebird, anda bisa melaksanakan metode sangkar umbaran secara teratur. Caranya yaitu dengan mengolahragakan lovebird dengan menggunakan sangkar umbaran, biar lovebird bisa berjalan kesana kemari didalam sangkar umbaran tersebut. 

Terapi sangkar umbaran tersebut idealnya dilakukan 3 kali dalam seminggu, untuk harinya anda bisa pilih sendiri. Gunakan metode pembatasan hari, contohnya senin menggunakan sangkar umbaran, selasa tidak, rabu dikandang umbaran lagi, kamis tidak, jum’at sangkar umbaran lagi, sabtu dan ahad tidak.

Settingan lovebird paruh putih menjelang lomba

Untuk settingan menjelang lomba dilakukan satu hari sebelum lomba (H-1). Setelannya tetap sama menyerupai setelan harian diatas, hanya saja terapi sangkar umbaran ditiadakan dulu, biar lovebird bisa lebih fokus istirahat guna mempersiapkan stamina biar tidak loyo ketika lomba. 

Proses pemandian dan pengembunan tetap sama, hanya pakannya ditambah dengan canary seed dan biji bunga matahari. Berikut ini yaitu screenshot dari master Aeko mengenai perawatan dan settingan lovebird paruh putihnya.

Popularitas lovebird paruh putih untuk dilombakan memang tidak seramai atau sebanyak love Settingan Lovebird Paruh Putih Agar Ngekek Panjang (Settingan Global)
Whatsapp Aeko

Itulah settingan lovebird paruh putih ala Aeko yang saya peroleh dari salah satu group facebook yang bisa anda praktekkan untuk lovebird paruh putih kesayangan anda. Tapi perlu anda ketahui bahwa masing-masing lovebird mempunyai huruf dan kesenangan yang berbeda-beda, sehingga settingan tersebut diatas belum tentu pas untuk lovebird paruh putih anda. 
Oleh alasannya yaitu itu anda tetap pelu melaksanakan eksperimen terhadap settingan tersebut, kemudian amati cuilan mana yang kira-kira kurang pas untuk setelan lovebird anda, kemudian lakukan modifikasi dan eksperimen lagi hingga ketemu settingan yang sempurna untuk lovebird paruh putih kesayangan anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar