Ikan Dori Nama Lain Dari Ikan

Sebagian besar orang tak mengira kalau ikan dori tak lain adalah daging ikan patin. Ikan patin terkenal tahan hidup di air tercemar baik limbah kimia maupun limbah biologis.


Apa Itu Ikan Dori Bentuknya Aneh Tapi Cocok Dimasak Beragam Hidangan Halaman All Kompas Com

Yang masih satu rumpun dengan ikan lele ini ternyata diam-diam menyusup ke dalam restoran-restoran mahal dan lebih mengenaskannya lagi ikan patin aka dori yang sudah dalam bentuk filet selama ini ternyata hasil impor dari Vietnam.

Ikan dori nama lain dari ikan. Ikan dori tersebut rupanya adalah merek dagang produk ikan patin fillet dari Vietnam. Demikian pendapat pribadi saya yang sempat merasa kecele dengan ikan dori yang sebenernya ikan patin. Ini merupakan salah satu praktek mislabelling atau pelabelan nama ikan yang salah.

Namun rupanya ada ikan lain yang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan john dory yakni patin. Dori memiliki tekstur daging yang tebal. Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam.

Atau membedakan ikan dori dengan ikan patin. Bedanya Ikan Dori dan Patin Harga yang relatif lebih murah dari daging sapi kelezatan serta kandungan protein tinggi menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai ikanSalah satu yang terfavorit adalah ikan patin. Yang dimana sudah tembus pasar di amerika dan negara2 lainnya.

Ikan dori adalah ikan yang berasal dari laut. Ikan air darat species pangasius Sp. Ikan yang bernama John Dory ini terkenal akan dagingnya yang berserat halus dan lembut.

Hal ini bisa dimasukkan ke dalam kategori penipuan terhadap konsumen ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan PDSPKP KKP Nilanto Perbowo. Ternyata ikan dori yang masuk ke dalam restoran-restoran mahal itu bukanlah ikan laut malahan ikan patin. Nama Latin Ikan Dori Dory adalah bagian dari jenis ikan.

Banyak warganet memberi tanggapan beragam. Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket. Selain rasanya yang gurih dan juga lezat setelah diolah jadi makanan ikan juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Tonjolan di bawah sirip perut pada ikan hias disebut. Ikan Dori Ikan adalah salah satu bahan makanan yang seringkali disajikan sebagai lauk pauk di rumah. Hal ini tidak lain karena harga ikan patin dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Sedangkan ikan patin hidup di air tawar. Ikan hias jenis cobra metalik japan blue dan tuxedo merupakan jenis ikan hias yang dimiliki oleh ikan. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan.

Rupanya Dori sendiri sebenarnya adalah nama merek produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Sebenarnya ikan Dori yang kita konsumsi atau pernah Anda santap di restoran atau kafe-kafe kekinian ialah ikan patin yang diimpor dari Vietnam. Rasanya yang hampir serupa serta teksturnya yang sama-sama lembut diduga menjadi alasan kenapa ikan patin digunakan sebagai.

Jenis ikan ini bisa ditemukan di pesisir Afrika Australia Asia Tenggara Eropa Selandia Baru dan Eropa. Nama lain ikan dori adalah Hippo Tang Royal Blue Tang maupun John Ddory Fish. Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam.

Pangasius ini memang patin putih. Ada ikan Dory berwarna perak biru muda maupun coklat. Yang perlu diwaspadai dori pangasius ini adalah ikan ternak ex sungai mekong yang konon kadar pencemarannya tinggi.

Bentuknya pipih kulitnya cokelat dengan mata lebar dan titik hitam di sisi badannya. Wajib Tahu Ikan Patin dan Fillet Ikan Dori Ternyata Sama. Twitterhcahyono Tekstur daging pada ikan ini dikenal memiliki warna putih tebal dan empuk.

Namun siapa sangka ternyata malah banyak orang mengiranya sebagai jenis ikan. Penampakan Budidaya ikan Patin di Vietnam. Dari Vietnam Ikan Patin ini diganti nama jadi ikan Dori seakan2 naik kelas jadi ikan mahal semata-mata untuk taktik dan strategi pemasaran.

Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan. Betul ikan dori filet yang saya lihat di hypermart ditambahi nama latin pangasius hypophtalmus. Ikan Dori dapat dijumpai di wilayah laut Samudera Pasifik New Caledonia Brazil Jepang Afrika Timur Samudera Atlantik dan Mediterania.

Dan supliernya impor ex vietnam. Lain halnya di negara asalnya Inggris ikan john dory ini seringkali di jual beli di pasaran dan diubah menjadi fish and chips di Inggris Raya yang sebetulnya adalan jenis ikan haddock. Dari hasil laboratorium BUSKIPM sampel dori lokal dan dori berlabel impor hasil operasi bersama yang diterbitkan oleh Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech menyebutkan parameter tripolyphosphate menunjukkan nilai 742318 ppm dan 825126 ppm.

Namun banyak yang menganggap bahwa ikan yang sering ditemukan pada hidangan fish and chips ini adalah serupa dengan ikan doriPadahal keduanya benar-benar berbeda lho. Adapun ada beberapa jenis ikan yang tidak bisa dikonsumsi melainkan hanya bisa dipelihara serta tidak untuk dipegang salah satunya adalah ikan dori. Dagingnya membentuk serabut kecil-kecil.

Sekilas mirip ikan kuwe. Untuk budidaya untuk membuat manfish menjadi induk ikan ini harus dirawat sampai berumur 7 bulan dengan panjang sekitar ukuran 75 cm. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan.

Sementara itu patin tak terlalu halus. Kemiripan ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner untuk menghadirkan menu fish n chips dengan harga murah. Sedangkan batas maksimum pada ikan dan produk perikanan adalah 2000 mgkg.

Bahkan ada restoran curang yang menyediakan menu masakan dari ikan dori tapi yang dihidangkan adalah ikan patin. Ikan dori merupakan nama lain dari ikan. Ikan laut ini dinamakan demikian karena mempunyai warna yang berbeda-beda.

Jakarta – Ikan dory banyak dijual dalam bentuk potongan di pasar swalayan. Kalau diselisik dari seratnya saat daging dibelah dori memiliki tekstur yang sangat lembut. Sedangkan aroma dori biasanya lebih segar khas ikan air asin pada umumnya.

Berasal dari perairan laut dingin di kawasan Australia. Agar pengembakbiakan budidaya maksimal induk ini perlu dirawat dan dijaga dengan baik. Ikan ini banyak diolah jadi beragam makanan.

Nggak banyak orang tahu kalau ikan dori merupakan nama lain dari ikan John Dory. Nama lain dari ikan manfish adalah angle fish karena warnanya yang unik menarik yakni elegan cantik dan atraktif. Seratnya tak sekecil ikan dori.

Nah supaya tidak salah beli kenali lima perbedaan antara ikan.


Ikan Dori Cara Merawat Pakan Harga Jual Lengkap


Tak Perlu Terpaku Pada Ikan Dori Palsu


Terungkap Ikan Fillet Dori Ternyata Ikan Patin


Membedakan Ikan Dori Dan Ikan Patin Saat Kuliner Di Restoran Travel Tempo Co


Ikan Dori Sama Dengan Ikan Patin Benar Atau Salah


8 Perbedaan Ikan Dori Dan Ikan Patin Yang Sering Disamakan Tolong Ya Harganya Beda Jauh


Update Harga Ikan Dori Di Pasaran Daftar Harga Tarif


Sering Salah Ini Lho 6 Perbedaan Ikan Dori Dan Ikan Patin Tokopedia Blog


Heboh Ikan Dori Adalah Ikan Patin Menteri Edhy Bilang Begini Jpnn Com


Ini Sebabnya Ikan Dori Berharga Mahal Kupang Terkini


Serupa Tapi Ga Sama Perbedaan Ikan Dori Dan Ikan Patin Youtube


Supaya Tidak Salah Beli Kenali 5 Perbedaan Ikan Dori Dan Patin Blog Sayurbox


Sering Salah Ini Lho 6 Perbedaan Ikan Dori Dan Ikan Patin Tokopedia Blog


8 Perbedaan Ikan Dori Dan Ikan Patin Yang Sering Disamakan Tolong Ya Harganya Beda Jauh

Tinggalkan komentar