Ikan Belida Sumatera Selatan

PENDAHULUAN Ikan belida Chitala lopis mempunyai posisi strategis sebagai lambang budaya dan bahan makanan di beberapa daerah di Sumatera Selatan Ondara dan. Perlindungan terhadap hewan yang menjadi ikon Sumatera Selatan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kementerian Kelautan.


Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Sewa Baju Adat Palembang Sewa Baju Palembang Sewa Daerah Palembang Di Jakarta Hub 08521171 Kostum Pengantin Tarian

Sumatera Selatan ANTARA – Konsumsi Ikan Belida Sumatera Chitala hypselonotus bisa dikenakan pidana denda maksimal Rp15 miliar setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP menetapkan hewan ikon Sumatera Selatan itu sebagai hewan yang dilindungi.

Ikan belida sumatera selatan. Ikan belida tersebar di perairan darat Indonesia. Ikan belida Notoptera chitala Sebagai contoh Sumatera Selatan ikan belida ditetapkan sebagai maskot fauna Sumatera Selatanoleh pemerintah daerah setempat selain itu jugadigunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan makanan khas daerah seperti empek-empek kerupuk kemplang dan bahan pangan yang lain Di Propinsi Jambi ikan ini sebagai ikan. 11 Oleh Oleh Sumatera Selatan Paling Enak Gambarnya 12 Makanan Khas Sumatera Utara Selatan dan Barat yang Paling.

Apabila dilihat filogeninya menurut Smith 1945 taksonomi ikan belida sebagai berikut phylum Chordata kelas Pisces subkelas Telesostemi ordo Isopondyli famili Notoperidae genus Notopterus dan spesies Notopterus chitala. Di Bumi Sriwijaya itu ada tugu ikan belida tepatnya di tepi Sungai Musi di Plaza Benteng Kuto Besak BKB Palembang. KOMPAS TV JAKARTA KOMPASTV – Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP menetapkan ikan belida sebagai hewan yang dilindungi.

Ikan belida merupakan ikon Sumatera Selatan. Indonesia tercatat memiliki empat spesies ikan belida yakni Belida Sumatera Chitala hypselonotus Belida Lopis Chitala lopis Belida Borneo Chitala chitala dan Belida Jawa Notopterus notopterus. Belida merupakan ikan asli Indonesia.

Ukurannya besar sekitar 68 cm saat dewasa tekstur dagingnya lembut sehingga menjadi favorit sebagai bahan baku makanan. Namun hanya masyarakat Palembang-lah yang menjadikan belida sebagai maskot. Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan SDKP.

Pengolahan ikan belida dimulai dari pindang pempek hingga kerupuk. Bentuk kepala dekat punggung cekung. Cek Aneka Rekomendasi Ikan Belida di Sumatera Selatan Terlengkap Terbaik Lainnya.

Kawasan perairan rawa Sungai Barumun diketahui sebagai habitat hidupnya. Daftar Harga ikan belida Terbaru. Ikan ini juga mempunyai ciri punggung meninggi dan bagian perut terlihat lebar serta pipih.

Pempek Ikan Belida Ek Dempo Isi 50 Pcs dan Paket B BesarRp375000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek biologi ikan belida di daerah rawa Sungai Barumun. Di Sumatera belida bisa ditemukan di Sumatera Selatan Jambi dan Riau.

Inilah Lima Daftar Makanan Khas Sumatera Selatan Terpopuler. Adjie Utomo 1994 ikan belida di perairan lubuk lampam Sumatera Selatan mencapai panjang 83 cm. Jumlahnya di alam yang terus menurun membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk melindungi ikan ini.

Ikan Khas Sumatera Selatan yang Dilindungiikanbelidabelidojenisikandilindungi. Ikan Belida ditetapkan sebagai ikon Festival Olahraga Kreasi Nasional atau Fornas ke VII di Sumatera Selatan. Makanan Khas Kota Palembang Sumatera Selatan Untuk Para Wisatawan.

Keempat jenis belida tersebut. 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Ikan belida atau belido merupakan bahan baku makanan khas Palembang Sumatera Selatan.

SuaraSumselid – Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional Fornas ke VI Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memilih Chitala atau dikenal dengan ikan belida sebagai maskotnya. Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan SDKP. Di Sumatera Selatan ikan ini menjadi maskot dan juga sebagai bahan baku makanan khas daerah yaitu pempek kerupuk dan kemplang.

Maskot Sumatera Selatan. Ikan Belida. Pempek Ikan Belida Ek Dempo Isi 25 PcsRp190000.

Tinggi patungnya 6 meter dengan panjang 12 meter. Di Kalimantan sebaran berada di perairan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Ikan Belida yang tertangkap jaring saat warga mencari ikan di Danau Jatiluhur Jawa Barat Sumber.

Ikan Belida adalah salah satu ikan endemik di Sumatera yang sudah dilindungi. Ikan belida dewasa dapat memiliki berat 15 sampai dengan 7 kg. Ikan Belida adalah fauna khas Sumatera Selatan yang hidup di Sungai dan daerah banjir Lebal Lebug ikan air tawar ini mempunyai bentuk badan ikan pipih dan kepala kecil.

Mulai dari masakan pindang pempek hingga kerupuk. Ikan belida banyak ditangkap untuk dijadikan bahan baku pembuatan pempek makanan khas Sumatera Selatan serta kerupuk. Kalau di Jawa kemungkinan sudah punah Tejo menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat belida masuk daftar satwa dilindungi antara lain populasi di alam liar makin sedikit.

Namun ikan ini juga dapat ditemui di seluruh Sumatera Kalimantan dan Jawa.


Giant Featherback Chitala Lopis Flora And Fauna Indonesia 1997 Oceania Animales


Trulli A Prehistoric Building Technique Still Functioning In A Modern World Limestone House Building Techniques Vernacular Architecture


Pin Oleh Danila Ferruzzi Di Perangko Ikan Perangko


Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Sewa Baju Adat Palembang Sewa Baju Palembang Sewa Daerah Palembang Di Jakarta Hub 08521171 Pengantin Kostum Tarian


Baju Adat 34 Propinsi Hub Hp Wa 081297046330 Baju Palembang Paket Rias Adat Palembang Pengantin Palembang Pagar Peng Kota Palembang Ikan Tenggiri Pengantin


Pin Oleh Danila Ferruzzi Di Perangko Ikan Perangko


Baju Adat 34 Propinsi Hub Hp Wa 081297046330 Baju Palembang Paket Rias Adat Palembang Pengantin Palembang Pagar Pengantin Serampang Pengantin Ikan Tenggiri


Baju Adat 34 Propinsi Hub Hp Wa 081297046330 Baju Palembang Paket Rias Adat Palembang Pengantin Palembang Pagar Pengant Kota Palembang Ikan Tenggiri Profil


Anting Anak Kostum Anak Pengantin


Kapal Selam Pempek Lince Food Indonesian Food Fish Cake


Uafjs01ewuk8wm


Pempek Telur Palembang Traditional Food Food Indonesian Food


Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Sewa Baju Adat Palembang Sewa Baju Palembang Sewa Daerah Palembang Di Jakarta Hub 08521171 Pengantin Kostum Tarian


Indonesia Foundation Jelajah Raso Makanan Khas Sumatera Selatan Makanan Resep Masakan Indonesia Indonesia

Tinggalkan komentar