Merawat Burung Murai Kerikil Muda Hutan

Merawat burung murai watu muda hutan biar tidak mati Merawat Burung Murai Batu Muda Hutan
Sumber gambar: (www.ciriburung.com)


Merawat burung murai watu muda hutan biar tidak mati, cepat adaptasi, & cepat gemuk- Kali ini kami akan mencoba membuatkan permasalahan dengan teman mengenai salah satu burung primadona dikalangan Kicau Mania, ibarat halnya judulnya. Memang burung murai watu muda hutan membutuhkan perawatan yang ekstra & kesabaran yang tinggi. Sebab, burung murai watu ini pada umumnya masih mengalami stres berat akhir perburuan & juga belum sanggup menyesuaikan diri dengan manusia.

Perawatan burung murai watu muda hutan kita di anjurkan juga memerlukan pengetahuan khusus, lantaran burung ini masih sangat rentan dengan kematian. Kecuali jikalau murai watu muda hutan teman sudah melalui tahap karantina sebelumnya.

Ok, kita pribadi saja ya, bagai mana cara merawat burung murai watu muda hutan ini biar tidak mati, cepat adaptasi, & cepat jinak? Untuk merawat burung murai watu muda hutan, setidaknya teman perlu melaksanakan perawatan sebagai berikut ini :

• Gantang ditempat yang tenang
Karena burung murai watu muda hutan masih sangat liar & stres berat, tentu saja dihentikan pribadi digantang di depan rumah. Apalagi jikalau rumah teman akrab dengan jalan raya, tentu saja makin tidak disarankan. Sebab, hal ini sanggup menciptakan burung murai teman semakin stres, sehingga semakin sulit untuk dijinakan, apalagi untuk sanggup bertahan hidup.


Karena itu, tempatkan burung murai muda hutan teman di ruangan yang tenang, jauh dari keramaian insan & kendaraan. Jauhkan juga dari keramaian burung-burung teman lainnya yang figter & suara-suara lain yang sanggup mengagetkan.
Pilih ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dengan kelembaban yang juga bagus, artinya daerah tersebut tidak terlalu panas.
Semua hal diatas dilakukan dengan tujuan biar burung murai watu muda hutan teman merasa lebih damai & nyaman sehingga proses perawatan selanjutnya sanggup lebih mudah.
• Di Karantina
Nah, jikalau teman sudah menentukan daerah ibarat yang sudah dijelaskan diatas, sangat disarankan untuk sementara jangan dipindah-pindah dulu selama beberapa waktu. Tujuannya supaya burung murai teman benar-benar merasa damai sehingga tingkat stres pada burung berkurang.
Saat teman datang dirumah, burung murai watu muda hutan teman sebaiknya jangan pribadi diumbar lantaran burung pada umumnya masih stres & stress berat berat. Karenanya, gunakan kerodong selama beberapa waktu. Namun begitu, sesekali boleh teman membukanya untuk diangin-anginkan.
Selama proses karantina ini, teman sangat di anjurkan untuk memperlihatkan multivitamin & antibiotik. Pemberian multivitamin bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan burung itu sendiri biar tetap fit. Sedangkan untuk antibiotik, bertujuan sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya banyak sekali gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.
Selama masa dikarantina, sebaiknya burung murai watu gres tidak perlu dimandikan. Karenanya, jangan hingga teman risau jikalau melihat burung kusam apalagi kutuan. Biarkan saja, yang terpenting burung murai watu muda hutan teman sanggup tenag & sehat terlebih dahulu.
Burung juga tidak perlu dijemur. Namun jikalau teman terpaksa menjemurnya dengan alasan kesehatan, sebaiknya penjemuran dilakukan pada pagi hari. & usahakan, durasi penjemuran sebentar saja lantaran dikawatirkan burung mengalami atau melihat hal-hal yang sanggup membuatnya semakin tertekan & stres.
• Pengenalan lingkungan
Dalam karantina tidak ada standar waktu, tergantung kondisi burung itu sendiri. Jika dalam satu minggua burung murai teman sudah tenang, besar kemungkinan burung sudah kondusif untuk dikenalkan dengan lingkungan barunya. Namun jikalau burung belum sanggup tenang, itu artinya teman perlu lebih sabar lagi & harus menunda pengenalan lingkungan.
Jangan paksa jikalau burung murai watu muda hutan teman memang belum sanggup dikenalkan dengan lingkungan barunya. Sebab, dikawatirkan burung murai teman malah menjadi lebih stres. Hal ini sanggup menghambat proses penjinakan, sehingga akan lebih sulit lagi untuk dilakukan. Bahkan hal ini sanggup mempengaruhi mental & daya adaptasinya.
Selama burung murai watu muda hutan teman belum sanggup dikenalkan dengan lingkungan barunya, proteksi EF (Extra Fooding) tetap lebih disarankan darpada memberikannya voer. Sebab, ini akan lebih memperlihatkan ketenagan & kenyamanan pada burung. Karenanya, berikan EF kesukaan burung murai watu ibarat kroto, jangkrik, & ulat.
• Pengevoeran (mengajarinya makan voer)
Ketika burung murai teman sudah agak tenag, pengevoeran gres boleh dilakukan. & mengenai bagaimana cara mengevoerkan burung murai watu muda hutan sobat, sanggup di baca di artikel kami selanjutnya.

• Mengajarinya mandi
Setelah brung murai teman ngevoer & tingkat stres juga sudah mereda, saatnya memulai mengajari burung murai watu mandi. Pada tahap awal, teman sanggup mengajari mandi dengan cara memasukan cepuk besar, biasanya digunakan untuk cepuk ayam dimasukan kedalam sangkar. Selanjutnya, tunggu beberapa waktu hingga burung murai watu muda hutan teman mandi sendiri.

Jika burung murai murai muda hutan teman tidak mau mandi, berikan semprotan halus untuk merangsang burung mau mandi sendiri. Hal ini sanggup teman lakukan setiap hari hingga burung murai mau mandi sendiri.

Perlu teman perhatikan, sebaiknya mandi pada murai watu muda hutan teman harus dilakukan lebih sering. Sebab, mandi ini sanggup membantu burung lebih cepat damai sehingga sanggup membantu proses penjinakan.

• Penjinakan
Selanjtnya, melaksanakan penjinakan biar burung sanggup lebih cepat gacor. Caranya, teman sanggup menaruh kandang murai watu muda hutan dilantai. Saat teman melaksanakan aktivitas, taruh didekat sobat, begitu juga dikala teman memberikannya pakan, taruh dilantai juga biar burung lebih cepat beradaptasi.

Jika murai watu muda hutan teman sudah mulai tenang, saatnya mulai mengenalkan lingkungan barunya. Keluarkan burung dari rumah & kenalkan dengan keramaian secara bertahap.

• Penjemuran
Penjemuran yang paling disarankan yakni pada pagi hari. Bahkan sebelum matahari terbit. Sebaiknya burung murai muda hutan teman sudah harus ditempatkan di daerah penjemuran. Usahakan pilih daerah penjemuran yang sanggup melihat matahari terbit secara langsung. Sebab, hal ini sanggup memperlihatkan suasana tersendiri pada psikologis burung.

• Pemasteran
Pemasteran sanggup dilakukan sehabis burung murai watu muda hutan benar-benar sudah sanggup menyesuaikan diri dengan insan & lingkungan barunya. Burung sanggup pribadi diperdengarkan bunyi burung Cililin dengan posisi burung sambil dikerodong. Setelah masuk, teman sanggup menentukan bunyi master lainnya sesuai dengan yang teman inginkan.

Namun hal itu, sering kali burung murai watu muda hutan sudah memiliki bunyi isian yang bagus-bagus ibarat Cililin & tengkek buto. Hal ini disebabkan lantaran dihutan, burung-burung master andalan itu masih banyak sehingga burung murai ini sudah punya isiannya sendiri.

Demikianlah artikel ini kami bagikan, semoga sanggup bermanfaat bagi teman semua. Salam hobiku, salam kicau mania.

Tinggalkan komentar